Kamis, 23 Maret 2017

Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan
Pelajaran mengenai psikologi pendidikan baru saya terima pada semester ini. Dan baru berlangsung sekitar 3 kali pertemuan. Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang pembelajaran Psikologi Pendidikan. Sudah ada beberapa materi yang sudah saya dapat. Diantaranya adalah tentang apa definisi dari Psikologi Pendidikan, aspek-aspek pendidikan, metode dalam psikologi pendidikan, bakat dan intelegensi, cara menghitung intelegensi, dan masih banyak lagi.
A.           Psikologi pendidikan
Psikologi Pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Selain itu, terdapat beberapa aspek pendidikan, yaitu:
1.             Pendidikan informal yaitu proses belajar yang relatif tak disadari yang kemudian menjadi kecapakan dan sikap hidup sehari-hari.
Contohnya: pendidikan di rumah, tempat ibadah, lapangan permainan, perpustakaan, radio, televisi, dsb.
2.             Pendidikan formal yaitu pendidikan yang dilaksanakan dengan sengaja dengan tujuan dan bahan ajar yang dirumuskan secara jelas dan diklasifikasikan secara tegas.
Contohnya: jenjang pendidikan sekolah (TK, SD, SMP, SMA, PT)
3.              Pendidikan non formal yaitu pendidikan yang dilaksanakan dengan sengaja tetapi tidak memenuhi syarat untuk termasuk dalam jenjang pendidikan formal.
Contohnya: kursus menjahit, memasak, bahasa, musik, dsb.

Setelah itu juga terdapat beberapa metode dalam psikologi pendidikan. Diantaranya yaitu:
1.             Introspeksi
Melakukan pengamatan ke dalam diri sendiri/self observation yaitu dengan melihat keadaan mental pada waktu tertentu.
2.             Observasi
Kegiatan melihat sesuatu di luar diri sehingga yang diperoleh merupakan data overt behavior (perilaku yang tampak).
3.             Metode Klinis
Digunakan untuk mengumpulkan data secara lebih rinci mengenai perilaku penyesuaian dan kasus-kasus perilaku menyimpang.
a.             Studi Kasus Klinis
b.             Studi Kasus Perkembangan
1)             Longitudinal
2)             Cross-Sectional
4.             Metode Diferensial
Digunakan untuk meneliti perbedaan-perbedaan individual yang terdapat di antara anak didik. Menggunakan berbagai macam teknik pengukuran (contoh: tes, angket,dsb) serta menggunakan statistik untuk menganalisis.
5.             Metode Ilmiah
Merupakan prosedur yang sistematik dalam memecahkan permasalahan dan merupakan suatu pendekatan objektif yang terbuka untuk dikritik,dikonfirmasikan, dimodifikasi atau bahkan mungkin ditolak kebenarannya oleh penelitian berikutnya.
Digunakan untuk menyelesaikan permasalahan perilaku yang lebih kompleks yang harus bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. 
6.             Metode Eksperimen
Melakukan pengontrolan secara ketat terhadap faktor-faktor atau variabel-variabel yang diperkirakan dapat mencemari atau mengotori hasil penelitian.

B.            Bakat dan Intelegensi
Bakat & intelegensi merupakan kemampuan mental individu. Bakat dan Intelegensi dibagi lagi menjadi beberapa teori, yaitu:
1.             CHARLES SPEARMAN 
Dua faktor intelegensi, yaitu:
a.             Faktor G: mencakup semua kegiatan   intelektual dan dimiliki oleh semua orang.
b.             Faktor S: mencakup semua faktor khsusus tertentu yang relevan dengan tugas tertentu.
2.             THURSTONE
Intelegensi beroperasi pada empat tingkat trial & error yaitu :
a.             Perilaku nyata (trial & error)
b.             Perseptual (trial & error)
c.             Ideational
d.            Konseptual ® dijadikan acuan bagi pengukuran   intelegensi
KEMAMPUAN KONSEPTUAL THURSTONE:
a.             Verbal Comprehention (V)
b.              Number (N)
c.              Spatial Relation (S)
d.             Word Fluency (W)
e.              Memory (M)
f.               Reasoning (R)

Pengukuran Intelegensi
Ø   KUALITATIF ® Perbedaan intelegensi disebabkan karena kualitas individu yang berbeda.
Ø    KUANTITATIF ® Perbedaan intelegensi disebabkan karena terdapat perbedaan kuantitas individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar